6 Agustus 2019 12:12 pm

Ini Dia,, Cara Bikin Gorengan Renyah

Ini Dia,, Cara Bikin Gorengan Renyah
Cara bikin gorengan renyah memang tidak semua orang bisa melakukannya. Meski dengan resep yang sama namun belum tentu hasil gorengan yang dibuat sama renyahnya.

Indonesia memang terkenal dengan aneka gorengannya yang renyah. Hampir di setiap sudut daerah di Indonesia Mama pasti bisa menemukan penjual gorengan yang bahkan beroperasi sejak pagi hari hingga malam hari.

Dalam cuaca seperti apapun juga, gorengan selalu bisa menjadi makanan ringan nan renyah yang disukai oleh banyak orang tanpa terkecuali.

Macam-macam gorengan yang dibuat pun begitu banyak.
Bahkan ada juga berbagai macam varian gorengan baru yang sebelumnya belum pernah dibuat tiba-tiba muncul menjadi gorengan favorit yang terbaru.

Semua itu membutuhkan kreativitas dan kemampuan memasak yang mumpuni agar bisa menciptakan varian gorengan baru yang disukai.

Nah, bagi Mama yang ingin membuat sendiri gorengan renyah di rumah,
Maka Mama bisa melakukan beberapa tips dan cara bikin gorengan renyah yang akan dibahas selanjutnya :

Potong Bahan Dengan Ukuran Yang Sama

Mungkin Mama tidak pernah terpikir bahwa dalam membuat gorengan perlu trik tertentu. Tapi percayalah bahwa trik ini memang diperlukan agar Mama bisa mendapatkan hasil gorengan yang renyah, gurih dan lezat.

Karena terkadang meski pun sudah mengikuti resep dengan baik tanpa melewatkan satu pun bahan, gorengan yang dibuat menjadi lembek dan tidak serenyah yang dijual di berbagai kedai penjual gorengan.

Lalu kira-kira dimanakah letak kesalahannya ? Bisa jadi ada pada pemotongan bahan yang Mama lakukan.

Mama perlu memotong bahan dengan ukuran yang sama, agar nantinya gorengan bisa matang secara bersamaan. Jika potongan bahan tidak sama pun, bisa jadi gorengan tersebut hasilnya nanti terlalu banyak menyerap minyak.

Maka dari itu tips agar gorengan tidak berminyak dan agar gorengan tetap renyah meski sudah dimasak dalam waktu yang lama, Mama harus memotong bahan gorengan itu dengan ukuran yang sama persis.

Dengan demikian nantinya tingkat kematangan bisa sempurna dan Mama pun berhasil melaksanakan cara membuat gorengan crispy.

Perhatikan Bahan Yang Digunakan

Membuat gorengan bukan hanya sekedar membuat adonan dari tepung dan melumurinya pada bahan, ada banyak cara lain yang bisa Mama lakukan sebagai cara bikin gorengan renyah nan lezat.

Mama bisa menambahkan beberapa bahan lainnya dalam resep Mama yang bisa menjadikan gorengan tersebut menjadi lebih renyah.

Seperti misalnya Mama bisa menambahkan sedikit tepung beras ke dalam adonan gorengan yang Mama buat,

Pada saat Mama menambahkannya pastikan adonan tercampur sempurna antara tepung terigu dan tepung beras, sehingga bisa benar-benar membuat gorengan tersebut menjadi lebih renyah.

Pada saat menambahkan tepung beras, kompisisi yang di butuhkan sedikit saja,

Misal untuk 250 gram tepung terigu cukup tambahkan tepung bersa sebanyak 2-3 sendok makan, Dengan cara ini bisa menambah renyahnya gorengan yang dibuat.

Jika gorengan sudah lezat, gurih serta ditambah teksturnya renyah maka pasti lebih banyak yang ketagihan.

Goreng Dalam Suhu Minyak Yang Tepat

Selain kurang renyah, ada juga permasalahan saat membuat gorengan yaitu gorengan terlalu berminyak.

Nah agar gorengan tidak berminyak dan bisa membuat gorengan menjadi matang sempurna, Mama tidak boleh asal menggorengnya.

Ternyata suhu panas minyak saat digunakan menggoreng gorengan tersebut juga memegang peranan yang penting agar gorengan yang dihasilkan bisa gurih, renyah, lezat dan tidak terlalu berminyak.

Idealnya gorengan tersebut bisa digoreng dalam suhu sepanas 170 derajat celcius.

Saat adonan dimasukkan ketika minyak belum terlalu panas maka bisa membuat gorengannya terlalu banyak menyerap minyak yang tentunya menjadikannya makanan yang kurang sehat.

Beraneka Ragam Gorengan Khas Indonesia

Nah setelah Mama mengetahui beberapa cara bikin gorengan renyah maka Mama juga memerlukan referensi aneka gorengan khas Indonesia yang bisa Mama coba di rumah.

Sehingga dengan demikian Mama memiliki banyak pilihan saat hendak menyajikan jenis makanan ringan ini untuk keluarga.

Rasanya sangat menyenangkan jika bisa menyantap gorengan sembari bercengkerama bersama dengan anggota keluarga selepas melakukan berbagai macam aktivitas di luar rumah.

- Pisang Goreng
Mama tentunya sudah tidak asing dengan jenis gorengan yang satu ini bukan?

Pisang goreng biasanya dibuat dengan menggunakan pisang kepok atau pisang raja.
Ragam pisang goreng dari Indonesia pun bermacam-macam, di Jawa pisang goreng cenderung berbentuk bulat pipih sedangkan di Sumatra terkenal dengan pisang goreng kipas yang bentuknya memang seperti kipas.

Rasa pisang goreng ada yang manis dan juga ada yang gurih. Kemudian pisang goreng juga sering kali disajikan dengan lebih bervariasi, dengan menggunakan meses coklat atau susu kental manis sesuai selera.

- Bakwan
Bakwan adalah sejenis gorengan yang dibuat dengan adonan tepung yang di dalamnya ditambahkan dengan berbagai sayuran seperti wortel, kecambah, kubis dan daun seledri.

Bakwan ini adalah gorengan yang popular di berbagai tempat di Indonesia.

Lebih enak lagi jika dimakan dengan saus dan mustard, ada juga yang lebih suka menyantapnya dengan cabai rawit yang sangat pedas.

- Tahu Jontor Khas Samarinda
Kebanyakan orang Indonesia memang menyukai makanan yang pedas.
Maka dari itu di Samarinda, Kalimantan Timur, ada varian gorengan baru yang dinamakan Tahu Jontor.

Mengapa dinamakan demikian? Hal tersebut bermaksud untuk menggambarkan bahwa siapa yang memakan tahu tersebut bisa sangat kepedasan sampai jontor.

Ya, memang tahu Jontor khas Samarinda ini terkenal dengan rasanya yang super pedas.
Pasti cocok sekali untuk Mama dan keluarga yang memang penyuka makanan pedas.

Dimakan tanpa tambahan apapun pastinya sudah sangat lezat. Apalagi di makan dalam keadaan panas, pasti menambah sensasi rasa pedas yang ada pada tahu Jontor tersebut.

Tak heran jika ada banyak sekali orang yang terlihat sangat menyukai Tahu Jontor ini di Samarinda, mulai dari anak-anak sampai orang tua.

Namun sayangnya saat ini Tahu Jontor ini masih dijual di seputaran Kota Samarinda saja.

Sehingga bagi Mama dan keluarga yang ingin mencicipi Tahu Jontor Khas Samarinda ini harus datang secara langsung ke Samarinda dan membelinya dari gerai Tahu Jontor Khas Samarinda yang banyak tersebar di kota Samarinda.

Mama juga bisa menjadikan Tahu Jontor Khas Samarinda ini sebagai oleh-oleh yang bisa Mama bawa untuk sanak saudara dan teman yang ada di kampong halaman,

Sehingga dengan demikian semua kerabat bisa mencicipi betapa lezatnya Tahu Jontor Khas Samarinda ini.

Tahu Jontor Khas Samarinda ini sudah mulai dipasarkan sejak tahun 2012 dan hingga saat ini sudah banyak mendapatkan pelanggan setia yang menyukainya.

Bahkan ada juga yang sengaja datang dari luar kota Samarinda untuk mendapatkan gorengan khas yang lezat dan pedas ini.

Bagi Mama dan Keluarga yang kebetulan sedang berada di Kalimantan Timur, jangan lupa untuk mampir dan mencoba Tahu Jontor Khas Samarinda ini,

Dijamin pasti akan ketagihan dengan rasa dan kelihaian pembuatnya melakukan cara bikin gorengan renyah.
Blog Post Lainnya
Belum ada postingan blog lainnya
Media Sosial
Kurir Lokal
-
dibuat denganberdu
@2024 Tahu Jontor Inc.